Manfaat Sentra Peran

Sebagai wadah berperan dan berkreasi

Kemampuan sosial emosional merupakan bagian dari aspek perkembangan anak
yang sangat penting untuk distimulasi. Berbagai macam penerapan pembelajaran dapat diimplemestasikan termasuk penerapan pembelajaran berbasis sentra yaitu sentra peran

Sebagai salah satu upaya mengembangkan kemampuan sosial emosional anak TK, guru dapat menggunakan sentra bermain peran diharapkan dapat mengembangkan semua aspek perkembangan anak sesuai dengan tahapanya. Strategi tentunya sangat penting untuk mencapai pada tujuan tersebut selain itu, materi dan media yang menarik sehingga mudah diikuti oleh anak, karena dengan bermain peran anak akan memiliki kesempatan mengeksplorasi menjadi pribadi yang lain dari dirinya, maupun tokoh yang diinginkan.

Sentra bermain peran adalah pusat kegiatan pembelajaran dengan metode bermain sambil belajar yang dirancang untuk mengembangkan seluruh potensi anak. Setiap sentra memiliki tujuan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Anak usia 2- 3 tahun, 3-4 tahun, 4-5 tahun menyukai hal-hal yang imajinatif. Imajinatif dalam artian anak-anak bermain dengan berpura-pura dan menirukan pengalaman yang di dapat dalam dunia nyatanya. Kegiatan bermain di sentra bermain peran anak dapat mengembangakan kemampuannya bersosialisasi, mengikuti prosedur, bereksperimen dan berbahasa.

    Leave Your Comment Here

    Open chat